Tips Membuat Template Blog Kita Ringan

12:48


Haiho~
Kali ini aku mau post tutorial agar blog kita ringan dan cepat dimuat, alias tidak LOLA/loading lama/. Aku posting tutorial ini untuk menjawab pertanyaan Annisa pada 7 Juni lalu.





Requestnya dah lama ya? sorry ya .-.
Sebenernya ini udah aku siapin sejak dua hari yang lalu, tapi lupa tak post karena ketimbun post lain. Jadi, sorry banget ya Annisa >< /gomen/

Langsung jha, biar ga kelamaan.

Dibawah ini adalah 6 tips agar blog kita ringan dan cepet dimuat:

1. Jangan terlalu banyak diedit.


Template blog bawaan blogger ringan sekali dan dapat dimuat dengan cepat, jadi, hindari pengeditan kode secara berlebihan apalagi bagi kamu yang belum pandai mengedit. Karena jika terjadi error, justru akan menambah berat blogmu dan akan semakin lama dimuat.

2. Batasi penggunaan widget
Gunakan widget sesuai kebutuhan saja, jangan terlalu berlebihan terutama widget yang mengandung HTML/Java script. Script-script seperti itu bisa membuat blog semakin lama dimuat. Maka dari itu, batasilah penggunaan widget dengan cara memakai widget yang diperlukan saja, jangan terlalu berlebihan.

3. Batasi pula penggunaan link layanan


Link layanan adalah link dalam blog kita yang umumnya berbentuk widget layanan. Contoh layanan; link facebook, link tumblr, dan lain sebagainya. Gunakan link layanan terutama link social media seperlunya saja, seperti tidak memasang link sosmed yang sudah tidak aktif.

4. Selalu perbarui link yang mati
Masih seputar link. Banyaknya link yang mati membuat kemampuan memuat blog menjadi berkurang. Maka dari itu, selalu periksa link, dan perbarui link yang sudah mati.

5. Hindari pemasangan gambar berukuran besar


Ukuran gambar yang kamu upload di blog mempengaruhi kinerja loading blog. Selalu ubah ukuran gambar aslinya menjadi lebih kecil. Selain itu, lebih baik jangan gunakan gambar sebagai background karena hal itu bisa membuat blog semakin lambat untuk dimuat.

6. Selalu gunakan gambar sendiri

Selalu gunakan gambar yang di upload sendiri. Jangan copy-paste dari google ataupun tumblr, karena hal ini pun berpengaruh. Selain membuat blog bertambah berat, menggunakan url orang lain membuat kesempatan ditolak pihak adsense semakin besar/bagi yang ingin memasang iklan di blog/

Selesai~
Yak, cukup sampai disini saja artikel kali ini. Bagi yang mau tanya-tanya, atau mungkin mau request? Silakan request di comment box atau di CBOX. Insha Allah secepatnya akan aku posting~

Terima kasih bagi yang mau baca, atau sekedar visit. Jangan lupa follow untuk mendapatkan informasi terupdate dari blog ini. Sekali lagi terima kasih :D

You Might Also Like

6 comments

  1. Link layanan itu maksudnya gimana Dist? Apa yang kayak widget sosmed/widget yang menampilkan sosmed/link sosmed kita gitu? ._.

    Well, menurutmu blog-ku berat gak ya? :D Cara mengetahui blog kita berat itu loadingnya lama gitu kan?

    Makasih buat tips-nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaps, link sosmed2 semacamnya~

      Menurutku, blogmu udah termasuk blog yang ringan. Soalnya, begitu aku ke blogmu, loadingnya cepet dan langsung termuat semua. Lagipula, widgetmu ga banyak. Good Job!

      Masama :D

      Delete
  2. Weeh. Makasih kaka. Jadi tahu biar diterima di adsense yaitu pake gambar sndiri :3

    ReplyDelete
  3. Dist, mau nanya deh. Aku kalo upload gambar sendiri tuh gak pernah bisa, selalu error gitu. Kenapa yaa?
    Jadi waktu uploadnya cepet, tapi begitu udah selesai malah jadi tanda seru gitu dan gak bisa dipake di post, any help?
    Gomawo ><

    ReplyDelete
  4. keren min tipsnya, sangat bermanfaat sekali...
    power supply hp

    ReplyDelete

Saran dan kritik sangat dibutuhkan untuk kemajuan blog ini.... Terima kasih atas masukkannya :)

Like us on Facebook